12.07.2015

Belajar tentang semut dari Ant Man

  No comments    
categories: 
Kali ini saya mau sedikit mereview film action besutan Marvel yang berjudul Ant man yang tayang di tahun 2015 ini. 

(Sumber : http://www.imdb.com/title/tt0478970/)

Film ini menceritakan  seorang pencuri ulung bernama Scott Lang yang baru bebas dari penjara. Ia berusaha taubat dengan mencari pekerjaan "halal", namun dengan catatan kriminalitasnya ia pun kesulitan dalam mendapat pekerjaan. Seorang ilmuan bernama Dr. Hank Pym berhasil menciptakan sebuah serum yang mampu mengubah tubuh manusia menjadi kecil. Ia sadar bahwa jika hasil penelitiannya jatuh ke tangan yang salah, maka dunia akan terancam. Berbagai perusahaan mencoba membeli hasil penelitian tersebut, namun ia menolaknya. 

Seorang ilmuan lain bernama Dr.Darren Cross berambisi menciptakan serum serupa. Darren ini adalah anak didik dari Dr.Pym yang kecewa dan kemudian menyerang serta berhasil mengeluarkan Pym dari perusahaannya sendiri. Pym yang sejak lama mengawasi Scott, membuat skenario agar Scott mau menjalankan misi sebagai Ant man untuk menggagalkan rencana Darren yang akan mempublikasikan penelitiannya yang  bernama Yellow Jacket. Bagaimana aksi Scott dalam melakukan misinya?silakan langsung tonton filmnya.

Dari film ini, lagi-lagi digambarkan bahwa hasil penelitian baik itu ilmu pasti maupun teknologi jangan sampai disalah gunakan. Setiap ilmu harus digunakan untuk kebermanfaatan dan kebaikan. Ilmuan yang pintar tanpa hati akan menghancurkan dunia, begitu pun sebaliknya. Itulah ujian orang berilmu, akankah ia sombong dengan menolak kebenaran dan membuat kerusakan? atau justru menggunakan ilmunya untuk kebaikan.

Di film ini diceritakan beberapa jenis semut dengan berbagai sifat dan kemampuannya. Anda juga akan disuguhkan gambaran bagaimana berkomunikasi dengan semut menggunakan alat yang dikendalikan oleh pikiran kita. Saya jadi teringat dengan Nabi Sulaiman a.s yang mempu berkomunikasi dengan hewan, salah satunya semut. Diceritakan dalam Al Quran sebagai berikut :
" Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut,'Hai semut-semut masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari" (QS. An-Naml : 18)
" Maka dia tersenyum dengan tertawa karena mendengar perkataan semut itu. Dan dia berdo'a 'Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku untuk mengerjakan amal soleh yang Engkau ridhai, dan masukanlah aku dengan RahmatMu ke dalam golongan hamba-hamba yang soleh" (QS. An-naml : 19).

Penelitian abad ini menemukan bahwa semut dapat  "berbicara". Mungkin kita sangat sering melihat semut saling "menyapa" dengan bersalaman satu sama lain. Banyak hal yang dapat kita ambil pelajaran dari makhluk Allah, salah satunya ya semut ini. Mari belajar dan berpikir atas semua Kuasa Allah di alam ini, semoga membuat kita menjadi lebih bersyukur serta yakin dan membuat kita menjadi golongan hamba yang soleh sesuai dengan do'a nabi Sulaiman a.s di atas.

0 comments:

Post a Comment