7.23.2011

"Ya Allah gantilah dengan yang lebih baik"

  No comments    
categories: 

"Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik" begitulah salah satu do'a yang Islam ajarkan.
Kalimat tersebut memiliki banyak makna. Mari kita coba urai beberapa makna yang terkandung dalam do'a tersebut.
Pertama, "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik" memiliki makna agar Allah mengganti keburukan kita dengan kebaikan.Untuk mendapatkan hal ini pintunya adalah taubat. Setiap manusia pasti memiliki dosa. Orang yang baik adalah orang yang selalu bertaubat setelah berdosa. Orang yang baik bukanlah orang yang sama sekali tidak memiliki dosa. Sebab sangat mustahil manusia tidak memiliki dosa, kecuali Rasulullah saw yang dima'sum oleh Allah. 
Makna yang kedua dari "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik" adalah meminta agar amal kita diterima. Dengan itu kita mengharapkan balasan pahala dari Allah dengan yang lebih baik tentunya. Karena sesuai dengan janji Allah dalam Surat Al An'am ayat 160, "Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya, barangsiapa yang melakukan perbuatan yang jahat maka dia diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)"
Begitu Maha Baiknya Allah, Ia mengganti kebaikan dengan begitu banyak dan membalas keburukan sesuai dengan yang dikerjakan. Maka dari itu mari perbanyak kebaikan dan mintalah "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik"
makna yang ketiga adalah pada prinsipnya meminta penjaminan. Maksudnya, kita meminta agar Allah menjamin diri kita, menanggung dan menyelesaikan urusan kita. Sesuai dengan janjinya dalam At-Thalaq ayat 3 : "Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)" Coba pikirkan, apakah ada yang lebih nyaman dan aman hidupnya dari orang yang semua urusannya telah dijamin oleh Allah?
makna yang keempat "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik" pada prinsipnya adalah minta kebaikan di atas kebaikan. Itu juga janji Allah " Dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan kepada mereka (balasan) ketakwaanya. artinya, orang yang berusaha mencari hidayah Allah, akan diberikan lagi hidayah yang lain. Ini benar-benar kebaikan di atas kebaikan. 
Ini adalah ganti dari Allah. "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik", bisa berarti juga "Tambahkanlah atas yang sudah ada dengan yang lebih baik". Hal itu juga yang diajarkan Rasulullah dalam soal ilmu. seperti dalam surat Thoha , " Dan katakanlah : Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan" 
makna yang kelima "Ya Allah gantilah dengan  yang lebih baik" pada prinsipnya adalah meminta kepada Allah ganti yang lebih baik atas apa yang telah hilang. Hal ini berkaitan dengan musibah yang dialami manusia. Islam mengajarkan, jika ada sesuatu yang hilang dari kita, kita diajarkan untuk meminta yang lebih baik lagi kepadaNya dan pasrah terhadap takdir kehilangan yang telah kita alami. karena sesungguhnya semuanya adalah titipan dariNya. 
Pada akhirnya meminta ganti yang lebih baik adalah ruh kehidupan yang tertanam dalam kehidupan kita. Kita harus berorientasi pada penggantian yang lebih baik. Karena hal itu akan mendorong kita untuk menempuh syarat-syarat mendapat penggantian yang lebih baik. Sebab itu tidaklah diberikan secara cuma-cuma. Meminta ganti yang lebih baik akan mendorong kita untuk terus berprestasi, dan menjadikan kita tidak berpuas diri dengan amal dan kebaikan yang masih sedikit.
Wallahu 'alam.

0 comments:

Post a Comment