1.02.2011

Buah Anggur merupakan salah satu dari "raja buah-buahan"



Allah Berfirman :
“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (an-Nahl :11)


“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan”. (An-Nahl :67)

 Buah anggur merupakan nikmat Allah yang dianugerahkan kepada hamba-hambaNya di dunia ini dan di akhirat kelak. Anggur termasuk buah-buahan yang sangat bagus dan banyak manfaatnya. Ia adalah salah satu dari tiga buah-buahan yang disebut sebagai "raja buah-buahan", yaitu buah anggur, kurma dan tin.

Buah anggur mengandung sekitar 15 % zat gula. Tujuh persen diantaranya berbentuk glukosa. Kadar zat gula ini dapat bertambah setiap kali buahnya bertambah matang. Buah anggur memiliki komposisi zat gula yang paling sederhana dan paling mudah dikunyah, dicerna dan melekat pada tubuh. Buah anggur mengandung sekitar 1,5 % zat protein, dan 1,5 % lemak.
Buah anggur sangat kaya dengan vitamin B kompleks yang banyak bekerja mengaktifkan tubuh manusia. Vitamin B merupakan perangkat penting untuk menjaga keselamatan sel saraf. Buah anggur juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkecil kemungkinan-kemungkinan menjangkitnya berbagai bakteri dan kuman. Buah anggur dapat menghasilkan 68 kilolkalori.

Manfaat buah anggur :
1. Dapat meringankan beban usus. Sangat bagus dikonsumsi untuk orang yang mengalami sembelit.
2. Dapat memperlancar saluran kencing dan memperkecil kadar asam urat pada darah.
3. Mengandung glukosa yang dapat membantu menjaga kestabilan hati, mengaktifkan tugas-tugasnya, dan menambah sirkulasi hasil yang diserap oleh hati.
4. Perasan buah anggur dapat menghilangkan lendir, dahak, dan batuk.

Sumber : Rahasia Kesehatan Nabi (Prof.Dr.Abdul Basith Muhammad Sayyid)

0 comments:

Post a Comment