1.01.2011

Khasiat Madu Lebah



Lebah adalah salah satu makhluk Allah yang hidup dari sesuatu yang baik dan menghasilkan yang baik.
Lebah makan dari hal yang baik, yaitu sari bunga..
Lalu lebah menghasilkan yang baik pula...yaitu madu...
Dimana madu sebagai makanan dan obat.Madu memiliki vitamin-vitamin diantaranya :
1. vitamin A
penting bagi penglihatan dan pemeliharaan kornea mata dan conjungtiva
2 vitamin B (niacine)
vitamin ini dapat mencegah penyakit pelagra (semacam penyakit kulit)
3.vitamin B3 (panthothenic acid)
mencegah kerontokan pada rambut, luka pada saluran pencernaan dan gangguan sel saraf. Karena vitamin ini membentuk zat asetil kolin yang sangat penting bagi tubuh
4. vitamin E (tokoverol)
membantu proses percernaan makanan
5. Vitamin K
penting untuk penggumpalan darah
Selain vitamin, madu juga memiliki enzim yang penting, diantaranya enzim intervase, amilase dan katalase.
Ini semua sesuai dengan firman Allah.swt :
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Qs. An_nahl-68-69)

Subhanallah ....

Selain itum untuk para akhwat nih..
madu lebah juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Pada tahun 1835 di London, tersiar kabar bahwa madu lebah dapat memperindah dan melindungi kulit, mencegah dan mengobatinya dari pecah-pecah, serta sangat ampuh bagi bibir dan kulit tangan.
Madu dapat digunakan sebagai masker wajah dan leher, selama 10 menit. Kemudian dicuci dengan air hangat agar menghasilkan kulit yang segar dan cantik. Dapat juga membuat masker dari campuran madu lebah, gliserol dan kuning telur. Cara pemakaiannya, masker tersebut diletakkan pada wajah selama 15-20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.
Selain masker, ada yang berpendapat bahwa madu lebah dapat memberikan kesuburan dan kecantikan pada rambut. Pada zaman dahulu ada seorang perempuan asal Belanda bernama Sarah yang meninggal pada tahun 1744 dalam usia 84 tahun. Ia adalah wanita yang memiliki rambut paling bagus. Dikisahkan, selama hidupnya ia selalu mencuci rambutnya dengan madu lebah. Caranya dengan menambahkan dua sendok besar madu lebah pada satu liter air hangat. Kita pun banyak menyaksikan madu lebah dimasukkan dalam berbagai jenis sampo.

Subahanallah...
Bahkan Rasul kita Muhammad.saw rutin meminum madu seperti yang tercantum dalam hadits berikut :
Dari Said Ibnu Jabir dari Ibnu Abbas dari Nabi saw, bahwa beliau bersabda : "Kesembuhan itu ada 3 hal, yaitu dalam al hijamah, meminumkan madu, dan pengobatan dengan kay (besi panas), dan aku melarang  ummatku melakukan pengobatan dengan kay "

Ayo mari gemar konsumsi madu...
Hehe.. ^_^d

0 comments:

Post a Comment