12.09.2015

KAMMI and Me

  No comments    
categories: 
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ( KAMMI) itulah namanya. KAMMI merupakan salah satu organisasi yang visi misi nya berlandaskan cita-cita mewujudkan Indonesia yang Islami. KAMMI muncul saat masa reformasi di Indonesia yang berlatar belakang keresahan mahasiswa muslim akan kemerosotan dan kesengsaraan rakyat saat itu. Rakyat Indonesia saat itu mengalami permasalahan yang begitu menghawatirkan baik segi ekonomi, pendidikan, maupun sosial. Permasalahan – permasalahan yang muncul diakibatkan peran dan fungsi pemerintah yang disalahgunakan. Begitulah secara singkat awal mula munculnya KAMMI.


KAMMI adalah organisasi pengkaderan dan pergerakan. Banyak diantara kader-kader KAMMI yang menjadi tokoh dan contoh bagi bangsa. KAMMI ingin mencetak kader-kader militant yang bergerak berlandaskan dakwah.Dakwah menjadi kata kunci utama dalam gerakan KAMMI. Aksi –aksi yang dilakukan KAMMI baik sosial, pengkritikan pemerintah dan lainnya semata-mata merupakan dakwah yang menjadi dasar pergerakan.Begitulah secara garis besar mengenai KAMMI yang saya ketahui. Saya baru bergabung di KAMMI setelah mengikuti Daurah Marhalah 1 yang menjadi pintu gerbang masuk KAMMI pada akhir Februari tahun 2011 lalu. Materi – materi yang disuguhkan mungkin memang beberapa pernah dibahas dalam liqo-liqo, tetapi DM 1 memang bisa menjadi penyegaran dan media membuka mata mengenai keadaan ummat saat ini.


Ummat memang memerlukan orang-orang yang mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada saat ini. Dan KAMMI mencoba menawarkan itu dengan pola pengkaderan yang berjenjang dan terususun dengan begitu rapi.KAMMI selalu menanamkan kepada para anggotanya untuk menjadi pribadi yang selalu berfikir dan berkehendak merdeka. Menjadi pribadi pemberani, pejuang sejati akan kebenaran, intelektualitas yang tinggi serta selalu menyiapkan diri untuk masa depan. Hal itu sesuai dengan kredo gerakan KAMMI.


Saya sangat setuju dengan pemikiran-pemikiran dan dasar gerakan KAMMI. Namun terkadang untuk beristiqomah di KAMMI memang masih sulit, mungkin dilatarbelakangi oleh pemahaman yang memang belum syumul serta managemen diri yang belum baik. Saya melihat KAMMI memang bisa menghasilkan kader-kader yang berpikir jauh ke depan, kepedulian yang tinggi serta menjadi tokoh masa depan bangsa ini, apalagi dengan slogan KAMMI saat ini yang lebih “merakyat” yakni muslim negarawan.Muslim negarawan adalah muslim yang tidak hanya peduli terhadap dirinya sebagai muslim namun menjadi muslim yang faham bagaimana problematika negerinya serta bertindak sebagai agen perubahan.


Begitulah aku mengenal KAMMI. Kader KAMMI yang belum tuntas pemahamannya sepertiku mungkin belum tau bagaimana cara mencintai KAMMI. Maka, mohon bantuannya ya para senior KAMMI.


SALAM MUSLIM NEGARAWAN !!! 


Tulisan ini adalah tugas awal saat saya baru bergabung dengan KAMMI tahun 2011. The day to remember.

0 comments:

Post a Comment