12.10.2015

Sayonara Jahiliyah

  No comments    
categories: ,
Setiap insan di dunia ini tak lepas dari kesalahan dan dosa. Sifat manusia seperti lupa dan khilaf memang acap kali menghampiri. Jahiliyah atau kebodohan yang kita lakukan dengan bermaksiat kepada Allah menjadi ancaman bagi kondisi hati kita. Patut kita ketahui kondisi hati ada 3 macam :
1. Qalbun Salim/ Qalbun Shahih ( hati yang sehat ) ialah hati yang diperbanyak dengan dzikir, yang selalu mengingat akhirat dan bergetar ketika mendengar ayat-ayat Allah. Ciri-ciri hati yang sehat diantaranya mudah meninggalkan maksiat serta selalu menyiapkan diri dengan amal kebaikan sebelum datangnya ajal.
2. Qalbun Maridh ( hati yang sakit) dengan ciri-ciri diantaranya malas serta mudah berbuat maksiat, menyukai hidup santai, takut menyatakan kebenaran, marah ketika dikritik, berlebihan menyukai pujian, bahagia di atas penderitaan orang lain serta meremehkan amal-amal kebaikan.
3. Qalbun Mayyit (hati yang mati) dengan ciri-ciri diantaranya menolak kebenaran, berperangai seperti orang kafir, melakukan segala macam kemusyrikan dan kemudaratan.

Apakah bisa diperbaiki? apakah masih bisa bertaubat?

Mari kita ingat bahwa Allah Maha Pengampun atas dosa hamba-hambaNya. Berikut salah satu ayatnya dalam Al quran :
“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Oleh karenanya, mari kita segera bertaubat !
“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Let's say SAYONARA JAHILIYAH 
Mari berusaha bertaubat, tinggalkan maksiat. Semoga kita menjadi golongan orang-orang yang menjalankan taubatan nasuha.


0 comments:

Post a Comment